Minggu, 08 Desember 2013

Adat istiadat

2 komentar
Adat Istiadat biasa juga kita sebut dengan kebiasaan yang tertanam pada diri kita sendiri yang telah ada pada masa nenek moyang kita. Setiap daerah mempunyai adat mereka masing-masing yang juga di tanamkan oleh luluhur mereka begitu pula juga dengan daerah kita. Adat itu banyak macam yang dapat kita ketahui salah satunya adat bahasa yang sering kita lakukan yang tanpa kita sadari yang telah tertanam pada diri kita sendiri sampai saat ini. Setelah itu banyak lagi yang kita ketahui tentang adat yang akan kita bahas.
Adapun adat yang kita lakukan itu di sebuah acara melakukan tarian sambas yang sering kita kenal dengan tarian Tandak Sambas, pada acara pernikahan, acara menyambut panen padi, serta acara agama dan lainnya. Tarian sambas yang kita sebut tandak sambas adalah ciri khas tarian sambas lalu pada acara pernikahan yang kita gunakan adalah adat sambas seperti pembalasan pantun dan pada waktu menyantap sebuah hidangan yang terlihat seperti gambar di bawah ini :
-          Tarian Tandak Sambas.
  Tarian Khas Sambas ( Tandak Sambas )



-          Acara Pernikahan.
  Adat Sambas Makan Bersama ( Saprahan )


Adat istiadat juga sering kita samakan dengan seni budaya. Nah sekarang kita masuk pada kata budaya, pada saat ini budaya kita adalah budaya sambas yang sering kita sebut dengan “Budaye Sambas Kitte”. Adat adalah ciri-ciri khas daerah kita yang memiliki keunikan dan keindahan tertentu yang di hasilkan dari sesuatu yang kita lakukan. Seperti yang sudah kita lihat atas.


Apakah adat atau budaya luar ada pengaruh negatif dan positif?
Tetapi banyak sekarang budaya lain yang telah masuk ke daerah kita saat ini dengan ini banyak perubahan yang telah dilakukan individu-individu pada saat ini yang telah terpengaruh dengan budaya luar, dan lebih mengecewakan budaya kita hampir saja hilang dan di akui oleh negara lain.
Maka sekarang budaya kita telah sedikit demi sedikit telah rapuh oleh budaya luar, sering kali muncul pertanyaan kenapa budaya kita berubah??? Nah pertanyaan ini lah yang saat ini mempunyai makna besar untuk diri kita sekarang.
Kenapa budaya kita berubah? Seiring dengan perubahan zaman yang semakin modern ini banyak budaya luar yang telah masuk kedalam daerah kita walau tidak secara langsung, dengan kemajuan teknologi pada saat ini kita telah di pengaruhi oleh budaya luar melalui media yang modern.
Di sisi lain dengan kemajuan teknologi yang semakin modern ini mempunyai dampak yang positif contonya sesuatu yang sulit menjadi lebih mudah untuk kita kerjakan. Sebenarnya budaya luar yang masuk bisa saja menjadi dampak yang bagus untuk kita karena kita bisa tau bagaimana budaya luar di lain daerah tetapi jangan sampai kita melupakan budaya kita sendiri.

2 Responses so far

  1. lumayan sich, tapi widgetnya nga sesuai kayaknya, seharusnya dijadiin 1 baris.

  2. Unknown says:

    Thanks atas masukannya... (y)

Leave a Reply

Popular Posts